Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Polres Kampar Bersama Tim Penanggulangan Bencana Karhulta Gelar Apel Kesiapsiagaan

KAMPAR - Guna antisipasi kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kabupaten Kampar, Polres Kampar bersama Tim Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar gelar apel kesiapsiagaan.

Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja, SIK dalam amanatnya menyampaikan, bahwa menindaklanjuti penetapan status siaga darurat karhutla Kabupaten Kampar juga akan menetapkan status siaga di seluruh wilayah kabupaten kampar, hal ini dilakukan untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan di kabupaten kampar. 

"Kita ketahui bersama, bahwa di wilayah kabupaten kampar ini rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga menjadi perhatian kita bersama untuk mengantisipasi terjadinya karhutla tersebut,"ujarnya, di lapangan Mapolres Kampa, Selasa (19/3/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa, untuk menghadapi tugas mulia ini dalam rangka mengantisipasi karhutla ini, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan pertama fisik, mental dan peralatan yang siap operasional setiap waktu dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi.

Kemudian Kapolres mengatakan, petakan daerah rawan terjadinya bencana karhutla di seluruh wilayah kabupaten kampar, laksanakan patroli sinergitas ke wilayah rawan karhutla, persiapkan sarana dan prasarana yang ada untuk mengantisipasi bila terjadi karhutla.

"Perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh stakeholder dan segenap komponen masyarakat, tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk potensi ancaman, serta selalu monitor hotspot di dashboard lancang kuning,"terangnya.

Apel siaga yang diikuti juga Pj Bupati Kampar Hambali,SE,MH yang diwakili oleh Pj Sekda Kampar Drs Yusri,M Si tersebut dilimpin oleh Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja, S I K 

Pj Sekda Kampar usai apel, saat diwawancara menyampaikan bahwa berkaitan dengan intensitas cuaca yang semakin panas tentu perlu bagi kita lakukan langkah antispasi Karhutla.

Apresiasi kita sampaikan kepala Poplres Kampar dan Instansi terkait Pemkab Kampar atas kerja sama yang telah melakukan terlebih dahulu apel persiapan antisipasi terjadinya karhutla.

"Kita harus menjaga betul situasi ini agar tidak terjadi kebakaran, baik perusahaan perkebunan atau pihak tertentu jangan sekali-kali membakar atau membuka lahan dengan cara membakar, meskipun disekitar rumah,"ujarnya.

Disisi lain, ia juga mengingatkan seluruh aparatur di pemda kampar untuk tidak ada kendor dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti biasanya.

Dalam apel itu, selain Kepala Dinas terkait seperti DLH Yuricho Efril, BPBD Agustar, Damkar Hendri Dunan, Satpol PP Arizon, juga ikut serta personil dari Polres, TNI, Damkar, BPBD, Dinkes, danTagana Kampar.

 

 

 

 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hari Ini PLTA Koto Panjang Tutup 2 Pintu Waduk

Rabu, 24 April 2024 | 12:03:31 WIB