Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Antisipasi Kerusakan Jalan Karena Air Laut Pasang di Bengkalis, Pemprov Riau Lakukan Hal Ini
Pembangunan tanggul penahan air laut pasang di Bengkalis yang dikerjakan oleh UPT JJ Wilayah III Dinas PUPR PKPP Riau.

PEKANBARU - Kerusakan jalan di Riau umumnya terjadi akibat angkutan berat, namun di wilayah pesisir khususnya Kabupaten Bengkalis, kerusakan jalan lebih disebabkan air laut yang menggenangi ruas jalan.

Kondisi ini terjadi pada ruas jalan Bengkalis-Ketam Putih yang merupakan jalan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Pemprov Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan (UPT JJ) Wilayah III Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan jalan yang mengalami kerusakan tersebut agar fungsional. 

"Selain rutin melakukan perbaikan jalan kita juga melakukan perbaikan dan pembangunan tanggul agar air pasang laut tidak lagi menggenangi jalan sehingga terhindar dari kerusakan," kata Kadis PUPR PKPP Riau, Arief Setiawan, pada Kamis (21/3/2024).

Bukan hanya tanggul, jelasnya, Pemprov Riau juga membangun drainase box culvert yang selama ini belum tersambung sehingga air pasang dari laut bisa segera teraliri ke drainase tersebut.

‘’Selain tanggul yang mengalami kerusakan, penyebab lainnya terjadi genangan air di badan jalan adalah kurangnya drainase, jadi keberadaan drainase ini sangat penting dan terdapat 7 titik hasil survey yang telah dilakukan oleh UPT III, pembangunan ini hampir rampung,’’ jelasnya.

"Drainase yang secara teknis tidak tersambung ini apabila datang air laut pasang atau curah hujan yang tinggi mengakibatkan badan jalan tergenang oleh air," ucapnya. 

"Selain itu, banyak bahu jalan yang tergerus oleh air dan akan mengakibatkan badan jalan tersebut patah apabila tidak ditangani sedini mungkin, pembangunan ini hampir rampung, mudah-mudahan segera selesai," tutupnya. (mc riau/bgs)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

IRT Diminta Berperan Aktif Cegah Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 | 14:29:30 WIB