Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Jelang Lebaran, Pemprov Riau Tuntaskan Perbaikan Jalan di Rohil dan Dumai
Ruas Jalan Mahato-Manggala

PEKANBARU -  Pemerintah Provinsi Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan Wilayah II Dinas PUPR PKPP Riau, telah berupaya menggesa perbaikan ruas jalan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan Kota Dumai dapat berfungsi dengan baik selama arus mudik lebaran 2024. Ruas jalan yang diperbaiki menjadi kewenangan pihak provinsi. 

"Sesuai instruksi dari Pj Gubernur Riau saat berkunjung ke Dumai baru-baru ini, UPT II telah melakukan perawatan dan perbaikan ruas jalan yang menjadi tujuan para pemudik terutama pada ruas jalan antar kabupaten dan kota," kata kepala UPT Wilayah II JJ Dinas PUPR PKPP Riau, Ardi Irfandi, Selasa (2/4/2024).

Ruas jalan yang menjadi prioritas UPT II, terang Ardi, adalah ruas jalan Manggala Mahato yang merupakan ruas jalan dari Kabupaten Rokan Hulu-Rokan Hilir menuju Provinsi Sumut.

''Ruas jalan yang sebagian rigid ini menjadi perhatian khusus karena jalur terpadat pada saat arus mudik, kalau terjadi gangguan akan terjadi macet panjang. Alhamdulillah semua lubang sudah kita tutupi kemudian ada yang ditimbun menggunakan base, sehingga tidak menganggu arus mudik nantinya," jelas Ardi.

Sedangkan untuk wilayah Kota Dumai lanjutnya yang telah ditangani adalah ruas jalan Provinsi Riau Jalan Purnama menuju pelabuhan Roro Pulau Rupat.

"Lubang yang ada di ruas jalan ini sudah ada yang patching, kemudian ditimbun dengan material base, termasuk lantai jembatan Sungai Masjid lantai sudah siap kita perbaiki," ucapnya.

Selain itu lanjut Ardi, meskipun kondisi ruas jalan di UPT II tidak sama dengan kondisi di Kampar dan Kuansing. Namun, UPT II juga menyiagakan personel dan peralatannya selama arus mudik lebaran untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan jalan yang menganggu arus mudik.

"Ada lima personel yang stanby termasuk alat berat dan operatornya, ketika ada kerusakan jalan yang parah seperti jalan berlubang, personil ini akan segera menanganinya,'' ujarnya.

Ardi juga berpesan kepada perusahaan transportasi dan supir truk bermuatan berat untuk mematuhi jam operasional tentang jadwal angkutan barang selama lebaran.

''Utamakan pemudik selama arus mudik lebaran, kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan peribadi tetap waspada dan hati-hati. Patuhi himbauan yang ada di jalan sebab jalan Provinsi ini tak semulus jalan tol," pintanya. (bgs)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Wakapolda Riau dan Kapolres Rohil Cek Kesiapan TPS

Senin, 12 Februari 2024 | 18:42:10 WIB