Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Pengumpulan Zakat Meningkat, Masyarakat Penuh Nikmat
Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur.

INHU - Saling memberi dan berbagi adalah hal yang wajib bagi umat muslim, terlebih membayar zakat telah termasuk dalam rukun Islam ketiga. Sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau selalu menggalakkan kegiatan terkait pengumpulan zakat.

Dalam kegiatan safari ramadan di Indragiri Hulu, Asisten I Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur mengatakan, pertumbuhan zakat di Riau setiap tahunnya semakin meningkat. Dengan begitu, ini menunjukkan bahwa masyarakat telah sadar akan pentingnya berbagi.

“Alhamdulillah, zakat di Provinsi Riau pengumpulannya setiap tahun luar biasa. Tahun 2023 saja telah terkumpul Rp63 miliyar lebih,” katanya di Masjid At-Taqwa Pasir Penyu, Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (02/04/2024).

Dijelaskannya, satu di antara pendorong peningkatan zakat dari tahun ke tahun tersebut adalah pemotongan gaji ASN Pemprov Riau setiap bulannya sebesar 2,5% dari jumlah total gaji yang diterima. Kemudian, agar pengelolaan zakat transparan dan memastikan dana tersebut benar-benar bermanfaat bagi yang membutuhkan, Pemprov Riau juga telah bekerja sama dengan Baznas.

“Sumber dari zakat tersebut merupakan potongan langsung dari gaji ASN Pemprov Riau senilai 2,5 persen. Pemprov Riau memotong langsung gaji ASN setiap bulan dengan cara payroll sistem, lalu dimasukkan langsung ke Baznas,” jelasnya.

Dengan adanya peningkatan pengumpulan zakat tersebut dapat memberikan kenikmatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Ini terbukti melalui program-program unggulan penyaluran zakat yang telah dicanangkan Pemprov Riau.

“Dari zakat tersebut dapat banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kepentingan masyarakat, seperti program Riau Cerdas, Riau Sejahtera, Riau Sehat dan program lainnya,” terangnya.

“Dengan adanya zakat ini sudah membantu masyarakat Riau sebanyak 22 ribu-an orang per tahun. Kalau bapak ibu berobat kerumah sakit RSUD Arifin Achmad, jika tidak mampu, melalui Baznas Riau siap membantunya,” lanjutnya.

Asisten I Zulkifli berharap ke depannya peningkatan pengumpulan zakat ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi wilayah lainnya untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi dalam kegiatan zakat. Karena langkah ini dapat memberikan keberkahan bagi daerah dan membangun masyarakat yang lebih berkeadilan.

“Keberkahan yang ada di daerah ini merupakan bukti dari kita yang yakin dengan melakukan kegiatan keagamaan. Oleh karna itu mari kita meningkatkan nilai-nilai religius dan mendukung segala program pemerintah,” pungkasnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

IRT Diminta Berperan Aktif Cegah Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 | 14:29:30 WIB