Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto Mendatangi Pasar di Pekanbaru
Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto didampingi Pj Sekdaprov Riau, Indra, beserta pemangku kepentingan terkait, melakukan peninjauan sejumlah pasar di Pekanbaru.

PEKANBARU - Jelang Idulfitri, Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto didampingi Pj Sekdaprov Riau, Indra, beserta pemangku kepentingan terkait, melakukan peninjauan sejumlah pasar di Pekanbaru. Kegiatan ini untuk memastikan pasokan ketersediaan bahan pokok atau bapok di kota yang berjuluk "Bertuah" itu. 

Untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok, Pemprov Riau terus bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait. Tujuannya agar bapok yang ada bisa tercukupi dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Pada Selasa (9/4) pagi, SF Hariyanto mendatangi langsung Pasar Cik Puan dan Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru. Sembari mengecek ketersediaan beras, minyak goreng, gula, daging, dan telur, orang nomor satu di Riau itu, berinteraksi dengan sejumlah pedagang dan warga Pekanbaru. 

“Kami hari ini bersama Sekda Kota Pekanbaru dan ada juga Bank Indonesia, kita ingin memantau di hari terakhir bulan suci ramadan. Jadi kita cek harga al??Alhamdulillah masih stabil,” kata SF Hariyanto, di lokasi. 

Dijelaskan SF Hariyanto, bahwa dari hasil peninjauan di dua pasar tersebut, jumlah ketersediaan bapok masih tercukupi. Sementara untuk harga bapok masih stabil. 

“Seperti cabai dari medan Rp50 ribu per kilogram dan daging Rp140 ribu per kilogram. Kita harapkan nanti setelah lebaran harga bisa turun. Alhamdulillah, Barang cukup semuanya, Alhamdulillah,” jelasnya.

Pj Gubri SF Hariyanto juga telah mengarahkan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Riau, M Taufiq OH untuk sidak ke Pasar Limapuluh, Pasar Pusat, Pasar Cik Puan, dan Pasar Pagi Arengka. 

Dikatakan Taufiq OH, peninjauan pasar merupakan langkah yang efektif untuk berkoordinasi dengan para pedagang. Karena dari sidak tersebut pemerintah dapat berinterkasi langsung kepada penjual dan masyarakat.

“Saya sudah berkomunikasi dengan pedagang, ternyata stoknya cukup hingga sampai lebaran. Karena pasokan lancar dan masuk terus. Tadi kami sudah mengecek ketersediaan beras di empat pasar pantauan, masih banyak beras yang premium dan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP),” tuturnya.

Diterangkan, khusus beras SPHP stok tergolong banyak dan harganya murah dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) senilai Rp11.000/kilogram. Kemudian untuk ukuran 5 kilogram harganya Rp50.700 dan ukuran 10 kilogram hanya Rp101.400.

Terkait pemasok cabai di Riau, ada cabai dari Medan dan Bukit Tinggi. Saat ini ketersediaan cabai tersebut masih sangat aman dan untuk harga sudah tejangkau masyarakat.

“Cabai stok aman dan banyak, ada dari Medan dan Bukit Tinggi. Dengan harga jual cabai Medan 50ribu/kg sedangkan cabai Bukit Tinggi 70ribu/kg.

Semenjak ada cabai masuk dari Medan, harganya turun jauh. Dulu dari 130ribu/kg yang tertinggi sekarang hanya 70ribu/kg,” terangnya.

Lebih lanjut, Taufiq mengungkapkan pemerintah selalu memperhatikan dan menjaga stabilitas harga serta ketersediaan bahan pokok di pasaran. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan tidak menimbun barang dan membeli dengan bijak.

“Telur banyak sekali berlimpah, bawang juga banyak, Minyak Kita dan minyak goreng lainnya juga tersedia. Jadi kalau beras SPHP ini dibatasi, masyarakat hanya boleh membeli maksimal 10kg saja. Pihak Bulog juga menjamin bahwa stok ini akan aman sampai bulan Juni. Oleh karna itu, kami himbau masyarakat belilah dengan secara bijaksana dan secukupnya,” pungkasnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB