Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang Membludak
Sejumlah penumpang saat berada di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang, Minggu (14/4/2024).

SELATPANJANG - Arus mudik H+4 lebaran Idulfitri 1445 H/2024 M penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau membludak.

Antrean panjang penumpang untuk naik ke kapal membuat padatnya ruangan tunggu hingga ke pelabuhan ponton pelabuhan Tanjung Harapan. Akibat membludaknya penumpang, tidak sedikit pula penumpang yang terpaksa menunda keberangkatannya karena kehabisan tiket.

Seperti diakui Zulfahmi, terpaksa menunda keberangkatannya karena kehabisan tiket untuk berangkat ke Batam, Kepulauan Riau. Keberangkatan ditunda pada Senin 15 April 2024 besok.

"Tiketnya sudah habis karena kapalnya sudah penuh, terpaksa berangkat besok. Tiketnya pun sudah pesan untuk besok," ungkap Zulfahmi, Minggu (14/4/2024) siang.

Pria yang akrab disapa Pak Usu ini juga mengaku kepadatan penumpang juga terjadi saat ia pulang kampung sebelum lebaran. 

"Nak balik kemarin juga ramai, nyaris tak dapat tiket," ucap pria yang pulang sehari menjelang lebaran itu.

Hal yang sama juga dialami Romi, yang terpaksa menunda keberangkatannya karena kehabisan tiket untuk berangkat. Dia juga dijadwalkan akan berangkat besok harinya.

"Iya tak bisa berangkat hari ini, besok pagi baru bisa karena tiketnya sudah habis," ungkapnya.

Sebelumnya, Pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Selatpanjang mengimbau kepada penumpang, operator kapal maupun agen penjualan tiket untuk tertib dan mengikuti aturan demi kelancaran mudik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Imbauan itu disampaikan Kepala KSOP Kelas IV Selatpanjang, Capt Leonard Natal Siahaan melalui Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhan KSOP Selatpanjang, Ade Kurniawan.

"Kita mengimbau agar penumpang tidak memaksakan diri untuk berangkat apabila kapasitas kapal sudah dalam keadaan penuh. Tertib mudik demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan kita bersama ingat keluarga di rumah," imbaunya.

Ade juga meminta kepada pihak operator kapal maupun agen penjualan tiket agar tidak menjual tiketnya apabila kapasitas kapal telah penuh dan diminta berkoordinasi dengan petugas di lapangan terkait kelancaran arus mudik lebaran tahun 2024 di pelabuhan Selatpanjang.

"Jadi kita berharap agar bisa saling berkoordinasi apabila ada kendala, karena di pelabuhan juga ada posko yang sudah dibentuk. Mari sama-sama kita ciptakan mudik ceria mudik penuh makna," ungkapnya. (bgs)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB