Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Riangnya Anak-anak Pemudik di Riau Dapat Jajanan dari Jenderal Bintang 2

Pekanbaru - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memberikan jajanan kepada bocah atau anak-anak pemudik yang menggunakan kapal penumpang atau speed boat. Hal itu dilakukan jenderal bintang 2 polisi tersebut saat berpatroli di perairan sungai Siak Senin (15/4).

"Yang tadi saya berikan itu adalah snack ringan untuk anak-anak. Penumpang banyak yang bawa anak-anak tadi," ujar Iqbal didampingi Kapolresta Pekanbaru Kombes Jeki Rahmat Mustika dan perwira lainnya kepada Media Center Riau.

Anak-anak yang mendapat bungkusn jajanan dari Kapolda merasa senang. Bahkan tak sedikit dari mereka yang menyalami Iqbal dan mengucapkan terima kasih. 

Selain anak-anak Iqbal juga memberikan bunga kepada penumpang dewasa. Dia ingin semua penumpang terlindungi serta berhati-hati saat mudik. Iqbal juga kerap melemparkan senyum kepada penumpang untuk menghibur mereka.

"Kalau penumpang dewasa diberikan bunga. Saya minta anggota baik di darat maupun perairan untuk mengayomi dan melindungi masyarakat yang menjalankan mudik," kata Iqbal.

Iqbal tak ingin berpangku tangan dalam menjalankan tugasnya sebagai polisi di saat arus balik Idulfitri 1445 hijriah berlangsung. Dia berkeliling Riau dan memantau lokasi pemudik menggunakan transportasi, baik darat, laut maupun udara.

"Beberapa hari ini memang saya pantau langsung ke bandara, terminal bus hingga pelabuhan. Saya ingin memastikan pengamanan anggota di setiap penjuru demi kenyamanan pemudik," ucap Iqbal.

Iqbal bersama untuk memastikan masyarakat aman saat arus balik mudik lebaran melalui transportasi air. Kali ini, dia melakukan pengecekan di pelabuhan-pelabuhan tempat moda transportasi air.

Ketua Alumni Akpol 1991 itu mengecek kelayakan, fasilitas, hingga memastikan penumpang yang dibawa speedboad tidak melebihi kapasitas.Dia merasa terpanggil untuk melakukan pengamanan langsung untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas di perairan Riau.

Patroli ini dilakukan sebagai upaya pencegahan gangguan dan memastikan kapal yang digunakan berfungsi dengan baik demi keselamatan masyarakat.

"Patroli ini penting karena karakteristik wilayah hukum Polda Riau yang memiliki banyak perairan," tegasnya.

Selain itu, patroli ini juga dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang mudik melalui jalur perairan.

Menurutnya, hasil patroli menunjukkan bahwa semuanya berjalan dengan efektif. Mesin-mesin kapal bekerja dengan baik, dan terlihat tidak hanya polisi yang patroli, melainkan juga Satuan Operasional Kepolisian Laut (SOP) dan Komando Keamanan Laut (KBLP).

"Semua pihak memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," ujar Suami dari Nindya itu.

Iqbal menyampaikan bahwa Polda Riau akan terus meningkatkan pelayanan hingga kehidupan masyarakat kembali normal setelah arus mudik.

"Pemerintah menghimbau agar Work From Home (WFH) diberlakukan untuk menghindar penumpukan masyarakat yang kembali dari mudik. Karena itu, pelayanan kepolisian dan stakeholder akan diperpanjang," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/asn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB