Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Begini Kemeriahan Ayi Ayo Onam di Salo Bersama Pj Gubri SF Hariyanto

KAMPAR - Suasana kegembiraan meriah terpancar di Kampar saat masyarakat setempat bersama-sama merayakan Ayi Ayo Onam (Hari Raya Enam) yang penuh berkah. Acara perayaan tersebut menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Pj Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto.

Berdasarkan pantauan Media Center Riau, kegiatan ini dimulai dengan melakukan ziarah kubur bersama Pj Bupati Kampar, Hambali, dan tokoh masyarakat. Kemudian, dilanjutkan dengan salat zuhur berjamaah dan makan bajambau bersama ratusan warga di Masjid An Nur, Desa Si Pungguk, Salo, Kampar, Rabu (17/04/2024). 

Dikatakan, Pj Gubri SF Hariyanto mengucapkan selamat Idulfitri kepada seluruh masyarakat Kampar dan mengajak semua pihak untuk menjaga silaturahmi serta semangat kebersamaan di tengah-tengah perayaan ini. Ia menambahkan tradisi ini memperkuat nilai-nilai kebersamaan.

“Alhamdulillah kami telah hadir ke Kampar dalam rangka merayakan hari raya onam dan ziarah kubur. Ada juga lagi tradisi yang paling hebat yaitu makan bajambau, ini dapat menjadi wadah silaturahmi kita,” katanya.

Dijelaskan, perayaan Ayi Ayo Onam di Kampar ini merupakan tradisi dari leluhur yang harus di jaga dan dikenalkan kepada generasi selanjutnya. Sehingga, Pj Gubri Hariyanto mengingatkan pemerintah daerah serta masyarakat agar dapat melestarikan kebudayaan tersebut.

“Tradisi ini telah menjadi turun menurun dari nenek moyang kita, inilah yang perlu kita lestarikan untuk wisata religi. Karena wisata religi, saya minta kepada Pak Bupati pada ziarah kubur artinya harus di bersihkan dan dipercantik lagi kuburunnya biar seragam modelnya,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar, Hambali, menuturkan kehadiran Pj Gubri SF Hariyanto di tengah-tengah masyarakat sangat diapresiasi sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap tradisi masyarakat. Dirinya menerangkan, Ayi Ayo Onam tersebut merupakan wadah silaturahmi bagi masyarakat Kampar.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Pj Gubernur Riau yang datang secara langsung merayakan bersama-sama tradisi ayi ayo onam di desa kami. Tradisi kami ini adalah suatu wadah menjadi tujuan untuk pulang kampung, jadi kami berkumpul di Kampar,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hambali mengungkapkan kebersamaan ini tidak hanya menjadi momen untuk bersukacita, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat tali persaudaraan antar sesama dan meningkatkan kebersamaan dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Oleh karna itu, semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menjadi pendorong kemajuan bagi Kabupaten Kampar.

“Jadi kami dari pemerintah kabupaten Kampar mendukung penuh kegiatan masyarakat ini, apalagi ini telah menyediakan jambau tanpa paksaan dan disitulah semakin erat kebersamaan kita. Untuk itu mari kita jalin erat persaudaraan kita, antara masyarakat dan pemerintah.” pungkasnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hari Ini PLTA Koto Panjang Tutup 2 Pintu Waduk

Rabu, 24 April 2024 | 12:03:31 WIB