Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Jalur Mudik di Riau Lancar, Ini Kata Pj Gubri SF Hariyanto
Foto: Pj Gubernur Riau saat memantau arus mudik beberapa waktu lalu .

Pekanbaru - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto menilai Operasi Ketupat Lancang Kuning dalam mengamankan arus mudik dan balik lebaran Idulfitri di Riau berjalan lancar. Menurut dia, hal ini berkat kerja sama semua pihak.

Pj Gubri mengaku, dia bersama seluruh pemangku kepentingan terus memantau arus mudik dan balik di Riau. Bahkan, Haryanto turun langsung bersama Kapolda Irjen Iqbal, Danrem O31/WB Dany Rakca, Kajati Riau Akmal Abas dan pejabat terkait di Riau.

"Selama arus mudik dan balik saya bareng Pak Kapolda, Danrem dan semua instansi terkait turun langsung. Kami lihat situasi di lapangan," kata SF, Rabu (17/4/2024).

SF bersyukur jalur mudik tahun ini tak ada insiden bencana alam. Bahkan tidak ada jalur mudik di Riau atau perbatasan yang macet dan menyebabkan lalu lintas terganggu.

"Kami mengucapkan syukur arus mudik dari berangkat sampai pulang tidak ada insiden, tidak ada macet. Alhamdulillah juga karena Operasi Ketupat berjalan aman dan lancar. Tentu ini berkat kerja sama semua pihak ya, terutama Pak Kapolda," kata SF.

Dalam mendukung Operasi Ketupat di Riau, SF mengaku sudah meminta Dinas PUPR Riau ikut terlibat langsung. Terutama untuk memperbaiki dan menutup lubang yang ada pada jalur mudik agar tidak menyebabkan kecelakaan.

"Untuk arus mudik ini kita juga lewat PUPR sudah minta jalan rusak diperbaiki. Kalau tak bisa diperbaiki tutup sementara. Kami ucapkan terima kasih kepada tim Operasi Ketupat dengan Kapolda yang ringan, mau turun memantau jalur darat, laut dan udara," kata SF.

Sebelumya Polda Riau merilis data Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 yang berakhir dini hari tadi. Operasi digelar selama 13 hari sejak 3-16 April 2024.

Selama operasi digelar angka kecelakaan menurun drastis, yakni 27 persen. Selain itu, angka gangguan keamaman juga menurun dari tahun 2023 sekitar 14 persen.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menilai keamanan dan ketertiban masyarakat selama operasi digelar berjalan lancar. Termasuk keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas selama arus mudik, dan balik lebaran idulftri.

"Ini tidak terlapas dari kerja sama semua pihak. Terima kasih kami kepada Bapak Pj Gubernur Riau, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional, Dishub, Balai Pelaksana Transportasi Darat, HK, Danrem, Jasa Raharja dan semua stakeholder yang terlibat," kata Kapolda.

Sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat Lancang Kuning, mantan Kadiv Humas Polri itu memastikan Polda Riau telah melakukan berbagai terobosan. Satu di antaranya Operasi Tertib Ramadan yang digelar agar tercipta keamanan selama bulan suci Ramadan.

Tak hanya itu saja, setelah Operasi Lancang Kuning 2024 Polda Riau juga menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan. Kegiatan rutin dilakukan mengingat masih banyak pemudik melintas di wilayah Riau ke arah Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi dan sebaliknya. 

(Mediacenter Riau/MC Riau)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB