Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Plt Kadis LHK Riau Cek UPT Laboratorium Lingkungan, Begini Katanya
Plt Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, M Job Kurniawan.

Pekanbaru - Plt Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, M Job Kurniawan mendatangi Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan di Pekanbaru, Jumat (20/4) pagi. Kedatangan dia untuk berkoordinasi, sekaligus melihat kondisi peralatan dan SDM di laboratorium tersebut. 

Pada kesempatan itu, Plt Kadis LHK Riau langsung mengumpulkan pegawai UPT Laboratorium Lingkungan. Ia berdiskusi, memberikan arahan sembari mendengarkan sejumlah saran dari pegawai. 

"Kantor UPT Lingkungan ini masih baru terbentuk. Kedatangan saya ke sini untuk melihat kebutuhan-kebutuhan yang harus dilengkapi. Untuk tahun ini sudah ada sejumlah peralatan yang diadakan," kata M Job di lokasi. 

Dijelaskan dia, bahwa pihaknya juga sudah melaksanakan pelatihan sumber daya manusia (SDM). Sebanyak 24 pegawai UPT Laboratorium Lingkungan sudah mengikuti pelatihan. 

"Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan kapasitas SDM, bisa menjadikan Laboratorium Lingkungan Dinas LHK Riau lebih baik. Insyah Allah Tahun 2025 laboratorium ini bisa meraih akreditasi," ucapanya. 

Sementara, Kepala UPT Laboratorium Lingkungan, Dinas LHK Riau, Irma Agustini mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan untuk meraih akreditasi laboratorium. Sehingga ke depannya, laboratorium mampu melakukan pengujian sampel. 

Diungkapkan, peningkatan SDM yang dilakukan adalah terkait sistem manajemen mutu laboratorium sesuai SNI ISO/IEC 17025-2017, kaji ulang manajemen, audit internal laboratorium. Lalu, terkait dokumentasi sistem manajemen mutu laboratorium, dan Identifikasi manajemen risiko. 

Selain itu, ada pula pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), pengelolaan limbah laboratorium. Kemudian, pelatihan sampling air limbah dan permukaan. 

"Laboratorium ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan pengujian. Kemudian, dikelola secara profesional dengan mengacu pada sistem mutu ISO 17025-2017 agar tercapai efesiensi dan efektifitas," ujarnya. 

Selain itu, kata dia, pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan kualitas sdm dan kompetensi personel, memperkuat analisis hasil pengujian untuk penyajian data dan informasi yang cepat, akurat, dan terpercaya. 

Irma mengaku, UPT Laboratorium Lingkungan Dinas LHK Riau akan meningkatkan peran dalam analisis kualitas lingkungan hidup. Selain itu, juga meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait dan laboratorium lainnya.

"UPT Laboratorium Lingkungan DLHK Riau diharapkan bisa menjadi ujung tombak untuk dapat menyediakan data lingkungan yang diperlukan dalam kegiatan pengelolaan lingkungan. Profesional, ramah, inovatif, akurat, dan unggul (PRO Riau)," tandasnya. 

(Mediacenter Riau/MC Riau)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB