Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Dihadiri Ribuan Masyarakat, MTQ XLII Provinsi Riau Dimeriahkan Ustad Derry Sulaiman

PEKANBARU - Ribuan masyarakat hadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XLII Tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai, Ahad (21/4/2024) malam. 

MTQ Provinsi Riau tahun 2024 dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto. Pembukaan MTQ XLII Provinsi Riau ditandai dengan pemukulan kompang dan serine. 

Pembukaan MTQ XLII Provinsi Riau kali ini dimeriahkan Artis Ustad Derry Sulaiman. Dalam kesempatan itu Ustad Derry membawakan lagu populernya yang berjudul: Dunia Sementara Akhirat Selamanya (DSAS). 

Selain Ustad Derry Sulaiman, MTQ Provinsi Riau juga dimeriahkan Sunu mantan vokalis Mata Band. 

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda Riau, serta Gubernur Riau pada masanya, serta bupati/walikota dan Forkopimda Kabupaten Kota se-Riau. 

Pantauan di lokasi, masyarakat tumpah ruah menyaksikan pembukaan MTQ ke-XLII Provinsi Riau tersebut. Tak hanya itu, masyarakat juga memenuhi stand bazar pemerintah kabupaten kota se-Riau dan UMKM. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Muliardi mengatakan, jika MTQ ke-XLII Provinsi Riau tahun ini diikuti oleh 12 kabupaten kota se-Riau. 

"Adapun jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 809 orang. Jumlah ini lebih banyak dari MTQ Provinsi Riau tahun 2023 lalu di Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 746 orang. Hal ini karena ada tambahan cabang perlombaan yakni golongan digital kaligrafi," katanya. 

Lebih lanjut Muliardi merincikan 809 peserta MTQ Provinsi Riau terdiri dari Kabupaten Bengkalis 68 orang, Indragiri Hilir 69 orang, Indragiri Hulu 68 orang.

Lalu, Kampar 66 orang, Kepulauan Meranti 63 orang, Kuantan Singingi 68 orang, Pelalawan 67 orang. Kabupaten Rokan Hilir 69 orang, Rokan Hulu 68 orang, Siak 69 orang, tuan rumah Kota Dumai 65 orang, dan Kota Pekanbaru 69 orang. 

Sedangkan MTQ Provinsi Riau di Dumai sendiri terdapat 10 cabang musabaqah yang akan dipertandingkan. Dimana cabang yang diperlombakan diantaranya, cabang seni baca Alquran, cabang, Qira’at Alquran, cabang hafalan Alquran.

Selanjutnya, ada cabang Tafsir Alquran, cabang Fahm Alquran, cabang Syarh Alquran, cabang Seni Kaligrafi Alquran, cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ), dan cabang Hadits. 

"Semoga MTQ Provinsi Riau tahun ini dapat menghasilkan juara-juara terbaik dari seluruh peserta, sehingga peserta dapat mengharumkan nama Provinsi Riau di MTQ  Nasional di Kalimantan Timur," tutupnya.

(Mediacenter Riau/amn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB