Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Pj Sekda Riau Indra Lepas Peserta Pawai Ta'aruf dan Resmikan Bazar MTQ

DUMAI - Penjabat (Pj) Gubernur Riau yang diwakili Pj Sekda Provinsi Riau, Indra secara resmi melepas peserta Pawai Ta'aruf Musabaqah Tilawatil Quran ke-42 tingkat Provinsi Riau di Dumai, Ahad (21/4/2024). Pawai yang diikuti 12 Kabupaten/kota di Riau ditandai dengan pengibaran bendera start.

Pj Sekda Provinsi Riau menyampaikan bahwa sejatinya pelaksanaan helat MTQ ini esensinya adalah membumikan Alquran di tanah melayu. Kegiatan pawai ini juga sekaligus sarana silaturahmi antar kontingen. Ia juga berharap melalui pawai ini dapat menggugah hati masyarakat dan menyerap hikmah serta pendidikannya dan masyarakat antusias menyaksikan helat MTQ ini digelar. 

Pawai ta’aruf menampilkan kebolehan masing-masing kabupaten/kota yang menampilkan keunikan kendaraan hias beranekaragam bentuk dan tema.

Bahkan ribuan masyarakat Dumai beramai-ramai menyambut pawai ta'aruf di sepanjang jalan Sudirman Kota Dumai. Meskipun panas terik masyarakat tetap antusias menyaksikan beragam atraksi, nyanyian lagu, tarian, musik khas dan pakaian adat daerah masing-masing kontingen dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Usai Pawai, Pj. Sekda Provinsi Riau juga membuka secara resmi bazar MTQ yang ditandai dengan pengguntingan pita pada stand utama. Selanjutnya, seluruh stand kabupaten/kota se-Provinsi Riau mempresentasikan kekhasannya, mulai dari makanan khas hingga kerajinan tangan dari daerahnya masing-masing. 

"Bazar merupakan sarana untuk meningkatkan sektor UMKM di Riau." pungkas Indra.

Sebagai informasi, Marching Band Gita Abdi Praja IPDN Sumatera Barat tampil sebagai pembuka. Dilanjutkan dengan iring-iringan 12 kafilah kabupaten kota se Provinsi Riau. Barisan pawai ta'aruf tersebut dimulai dari Kabupaten Kampar, urutan kedua dan ketiga yakni dari Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru. 

Urutan keempat dan kelima yakni dari Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Bengkalis. Kemudian urutan keenam dan ketujuh dari Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi. 

Urutan kedelapan dan kesembilan dari Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan urutan kesepuluh dan kesebelas yakni dari Kabupaten Rokan Hilir dan kabupaten Siak. Terakhir yakni barisan pawai ta'aruf tuan rumah Dumai.

(Mediacenter Riau/sam)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

STMIK-AMIK Riau Bertransformasi Menjadi USTI

Senin, 27 Mei 2024 | 10:20:53 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

Rabu, 22 Mei 2024 | 17:32:47 WIB