Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Tiga Guru Besar Dikukuhkan, Syafrinaldi Ingatkan Agar Tidak Mandul Karya Ilmiah
Rektor UIR, Syafrinaldi.

PEKANBARU- Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Syafrinaldi resmi mengukuhkan tiga orang guru besar. Dengan begitu, jumlah guru besar yang ada di UIR sebanyak 20 orang. 

Adapun tiga Guru Besar yang dikukuhkan hari ini yakni, Prof. Dr. Zulkifli Rusby, S.Ag., M.M., M.E.Sy sebagai Guru Besar Fakultas Agama Islam, Prof. Dr. Syahraini Tambak, S.Ag., M.A sebagai Guru Besar Agama Islam, dan Prof. Husnul Kausarian, B.Sc (Hons). M.Sc., Ph.D sebagai Guru Besar Fakultas Teknik. 

Ia mengatakan bahwa total dosen yang bergelar profesor di UIR berjumlah 22 orang, sedangkan 20 diantarany telah menjadi guru besar. Hal tersebut, sebut Syafrinaldi, merupakan aset yang sangat berharga, yang juga akan berjuang bersama untuk mencapai Visi UIR 2041, yakni menjadi universitas Islam berkelas dunia berbasis iman dan taqwa. 

"Sungguh ini cita-cita besar yang harus kita wujudkan dan kita persembahkan kepada  Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau," ujarnya di Auditorium Rektorat UIR, Senin (22/4/2024). 

Kepada tiga guru besar yang baru saja dikukuhkan, Syafrinaldi menyampaikan ucapan tahnia. Ia berharap, ketiga guru besar tersebut selalu produktif dan tidak mandul karya ilmiyah dan publikasi ilmiyah. 

"Capaian yang telah diraih oleh sahabat kita (guru besar), harus diikuti dengan karya besar lainnya, karena kita telah diingatkan bahwa para guru besar setelah dikukuhkan menjadi guru besar, mereka menjadi mandul.

Akibat dari kemandulan karya ilmiyah dan mandul publikasi ilmiyah, maka tunjangan kehormatan terpaksa dihentikan. Alhamdulillah di UIR tidak terjadi. Untuk itu mari kita terus tingkatkan kinerja publikasi sehingga hal tersebut tidak terjadi," jelas Syafrinaldi. 

Sementara itu, kepada para dosen lainnya yang sudah bergelar doktor (Dr) ataupun profesor, Syafrinaldi mengajak agar segera menjadi guru besar. Menurutnya, menjadi guru besar merupakan cita-cita setiap dosen. 

"Kami ucapkan tahnia kepada ketiga orang guru besar yang telah dikukuhkan. Kepada keluarga besarnya, kami sampaikan selamat dan selalu bersyukur kepada Allah. Doakan selalu semoga beliau (tiga guru besar yang dikukuhkan) bisa memajukan program studi, fakultas, dan UIR, serta bisa membanggakan YLPI Riau pada masa yang akan datang. 

Kepada dosen yang lain yang sudah bergelar Dr ataupun prof, untuk segera menjadi guru besar. Menjadi guru besar adalah cita-cita bagi setiap dosen. Sebab cita-cita dosen bukan menjadi rektor, dekan, ataupun jabatan struktur lainnya, tapi menjadi guru besar, guru besar adalah untuk selamanya," pungkas Syafrinaldi. 

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

STMIK-AMIK Riau Bertransformasi Menjadi USTI

Senin, 27 Mei 2024 | 10:20:53 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

Rabu, 22 Mei 2024 | 17:32:47 WIB