Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Menuju PON XXI Aceh-Sumut, 336 Atlet Riau Tes Kesehatan dan Fisik

PEKANBARU - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI September tahun 2024 mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, kembali melakukan pemeriksaan kesehatan dan fisik terhadap atlet yang akan diturunkan pada PON XXI 2024 di Aceh-Sumut. Pemeriksaan kesehatan dan tes fisik berlangsung mulai hari Senin (22/4) hingga selama lima hari ke depan.

Dalam pemeriksaan tersebut, melibatkan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. Para atlet yang dipersiapkan untuk PON XXI  diperiksa kesehatan secara menyeluruh, seperti cek gizi, rekam jantung, hingga psikologi.

Sekretaris Umum KONI Riau, Edi Satria mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan langkah awal untuk persiapan atlet Riau menuju PON Aceh-Sumut. Mereka yang lolos PON pada awal Mei mendatang akan memulai training center (TC) berjalan.

"Ini adalah langkah awal kita untuk mengikuti TC berjalan, yang tentunya bertujuan untuk persiapan PON Aceh-Sumut. Pemeriksaan kesehatan dan tes fisik ini akan berlangsung selama lima hari ke depan. Setelah pemeriksaan kesehatan dan tes fisik, pihaknya akan melanjutkan TC berjalan di masing-masing cabang olahraga (cabor)," ujar Edi Satria di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Senin (22/4).

Dijelaskan dia, atlet yang ikut pemeriksaan kesehatan dan tes fisik 336 atlet. Mereka merupakan atlet-atlet Riau yang sudah dinyatakan lolos pada PON Aceh-Sumut mendatang. 

"Tujuan dari pemeriksaan kesehatan dan tes fisik untuk memantau kesehatan atlet. Setelah dilakukan pemeriksaan, tim medis akan melakukan evaluasi terhadap atlet yang bersangkutan," ujarnya. 

“Saya berharap ada pemeriksaan lanjutan terhadap kesehatan atlet. Begitu juga jelang keberangkatan atlet menuju PON, agar ada pemeriksaan terlebih dahulu,” ungkapnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua II KONI Riau, Sanusi Anwar, menambahkan, untuk atlet yang sudah menjalani tes kesehatan dilanjutkan dengan proses TC berjalan. Ada beberapa Cabor yang menjalani latihan sejak pertengahan April lalu. Di mana 5 Cabor yang diberikan penguatan.

“Untuk TC berjalan akan berlangsung di awal Mei prosesnya di pertengahan Mei, tapi untuk penguatan ada 5 Cabor yang sudah berjalan 15 April lalu, diantaranya sepaktakraw, angkat berat, angkat besi, dan Anggar, ini yang sudah berjalan jadi ini yang sudah melaksanakan,” tambah Sanusi Anwar.

Pada PON XXI Aceh-Sumut nanti, Riau menargetkan bertahan masuk 10 besar. KONI Riau sudah memetakan atlet-atlet yang akan meraih medali pada PON nanti. Di mana Riau tergetkan 25 medali emas.

(Mediacenter Riau/ji)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB