Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Pemprov Riau Sediakan 150 Stand UMKM Gratis di Gernas BBI dan BBWI, Begini Cara Daftarnya

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov Riau) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM dan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau akan menyediakan sebanyak 150 stand UMKM gratis untuk pameran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BBWI) tahun 2024.

Di mana, Gernas BBI dan BBWI di Riau ini akan dilaksanakan pada 3-5 Mei mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau, M Taufiq OH mengatakan bahwa ratusan stand UMKM gratis tersebut sudah mulai didirikan di Halaman Kantor Gubernur Riau.

"Alhamdulillah, persiapan sudah hampir rampung. Ada sekitar 150 tenda kerucut yang akan didirikan. Stand-stand gratis ini diperuntukkan para pelaku UMKM dan ekraf untuk mempromosikan produknya," kata M Taufiq OH, Selasa (23/4/2024).

Sehingga, ia mengimbau agar para pelaku UMKM untuk segera melapor jika menemui ada oknum yang meminta bayaran atau melakukan pungutan liar untuk stand UMKM yang disediakan secara gratis tersebut.

"Kalau ada oknum yang meminta bayaran untuk stand UMKM Gernas BBI dan BBWI, segera lapor ke kami. Tidak ada bayar-bayar, stand ini gratis," tegasnya.

Untuk mendapatkan kuota stand gratis itu, para pelaku UMKM harus melakukan pendaftaran melalui tautan https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfI1ThJkdsDSq7woUnjBJ-aDV4DkAPtC5DyEhLaeW2_iNntCg/viewform?pli=1 yang disediakan oleh Disperindagkop UKM.

Saat ini, sudah ada seribu UMKM yang mendaftar, dan akan dilakukan seleksi berdasarkan kesiapan pelaku usaha. Hal ini disebabkan oleh peningkatan animo pelaku usaha pada tahun ini.

"Nanti akan kita seleksi terkait kesiapan pelaku usahanya. Karena kita melihat animo pelaku usaha meningkat pada tahun ini. Sekarang sudah seribuan yang mendaftar," tukasnya.

Untuk informasi tambahan, pada tahun 2023, perayaan Gernas BBI/BBWI di Riau berhasil mengumpulkan pemasukan sebesar Rp63 miliar.

Dua UMKM berhasil meraih gelar Juara I, yaitu Kerupuk Lomang dalam kategori kuliner, dan Sakinah by Thiffa Qaisty dalam kategori fasyen. 

(Mediacenter Riau/bts)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB