Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Riau Jadi Tuan Rumah Bimtek Penerapan Manajemen Energi Gedung Pemerintah Wilayah Sumatra Bagian Utara

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) menjadi tuan rumah pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) penerapan manajemen energi gedung pemerintah di wilayah Sumatra Bagian Utara, yang diselenggarakan mulai tanggal 23 hingga 26 April 2024 di Pangeran Hotel Pekanbaru. 

Kadis ESDM Riau, Herman menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian ESDM yang telah mempercayai Riau sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini. 

Dia menjelaskan, kegiatan bimtek tersebut dalam rangka melestarikan sumber daya energi dalam negeri, serta meningkatkan efisiensi pemanfaatannya.

Sehingga perlu dilakukan upaya pelaksanaan konservasi energi dengan memperluas cakupan pengguna energi dan penggunaan sumber energi. 

"Terima kasih telah memilih Provinsi Riau khususnya ESDM Riau sebagai tempat pelaksanaan bimbingan teknis penerapan manajemen energi gedung pemerintahan di wilayah Sumatera Bagian Utara," ujarnyaujarnya,  Selasa (23/4/24). 

Kadis ESDM Riau tersebut mengungkapkan, menurunkan ambang batas konsumsi energi pengaturan pelaksanaan konservasi energi di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta menumbuhkembangkan usaha jasa konservasi energi telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2023 tentang konservasi energi. 

Dia menerangkan, sebagaimana pada pasal 6, konservasi energi dilaksanakan melalui suatu program konservasi energi yang dilaksanakan oleh penyedia energi, pengguna sumber energi dan atau pengguna energi.

"Minimal melalui manajemen energi,  standar kinerja energi dan label tanda hemat energi, pembiayaan konservasi energi, pengembangan usaha jasa konservasi energi, peningkatan kesadaran konservasi energi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, riset dan inovasi dan atau kerjasama bidang konservasi energi," ucapnya. 

Herman menambahkan, dalam pelaksanaan konservasi energi, masyarakat berperan sebagai pengguna teknologi hemat energi, penghematan penggunaan energi rumah tangga.

"Serta penggunaan transportasi massal dan membangun kesadaran penghematan energi di lingkungan kerja atau rumah tangga," tutupnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Konservasi Energi Sumber Daya Mineral yang diwakili oleh Eko Sudarman dari Pokja Bimbingan Teknis Konservasi Energi dan Kerjasama Kementerian ESDM.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Hewan Kurban dari ASN Pemprov Riau Capai 52 Ekor

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:51:01 WIB