Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Pelatihan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan, Ini yang Disampaikan Plt Kakanwil Kemenag Riau

ROHIL- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Dr H Muliardi, M Pd menyampaikan perihal program prioritas yang diterbitkan oleh Menteri Agama melalui Surat Edaran No. SE 2 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan tugas Penyuluh Agama dan Penghulu dalam mendukung program prioritas pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Plt Kakanwil Kemenag Riau saat menjadi narasumber Pelatihan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil),Kamis (25/4/2024).

Muliardi menjelaskan bahwasanya terdapat 4 Program Prioritas Menteri Agama yang dituangkan dalam Surat Edaran tersebut, yaitu : penurunan stunting, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Melalui Surat Edaran tersebut Menteri Agama meminta kepada para Penyuluh Agama dan Penghulu agar berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah.

“Saya ingin menggiring mindset kita untuk mendukung program Presiden Jokowi dalam rangka mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Dalam hal ini yang menjadi fokus utama pemerintah adalah penurunan angka stunting," tegas Muliardi.

Maka dari itu menurutnya permasalahan stunting perlu untuk diselesaikan, salah satunya melalui peran Penyuluh dan BP4 dalam memberikan pendampingan dan mensosialisasikan pentingnya menyiapkan kesehatan yang prima kepada calon pengantin yang akan melangkah ke jenjang pernikahan, salah satunya melalui pendekatan keagamaan.

Sementara itu berkaitan dengan materi tentang Pembangunan Bidang Agama, Muliardi menerangkan bahwa Pemerintah telah berupaya mensinergikan kebijakan pembangunan bidang agama sehingga dapat tercipta kesamaan persepsi diantara pihak – pihak terkait dalam mencapai tujuan pembangunan di bidang agama.

“Pembangunan di bidang agama bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama dan saling menghormati antar pemeluk agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita semua bersaudara sebangsa dan setanah air meskipun keyakinan berbeda,” terangnya.

Diakhir pemaparannya Muliardi membuka sesi sharing dan diskusi bersama peserta pelatihan, tampak para peserta antusias memanfaatkan kesempatan yang diberikan untuk bertanya atau mengungkapkan gagasannya seputar materi yang diberikan.

Pelatihan tersebut turut dihadiri oleh Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir, H. Khairul, S Ag, Ketua Panitia dari Loka Diklat Keagamaan Pekanbaru, Aryati, S Pd beserta anggota Rika Fitria, A Md dan Pengelola Kepegawaian Kantor Kemenag Rokan Hilir, Nova Novita, S AP.

 

 

(Mediacenter Riau/mad)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Wakapolda Riau dan Kapolres Rohil Cek Kesiapan TPS

Senin, 12 Februari 2024 | 18:42:10 WIB