Ahad, 17 Zulhijjah 1445 H | 23 Juni 2024
Buka Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka di Kampar, Ini Pesan Bunda PAUD Provinsi Riau

KAMPAR- Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Penerbit Erlangga Cabang Pekanbaru menggelar Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka di jenjang PAUD untuk para guru TK/Paud se Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini dibuka oleh Bunda Paud Provinsi Riau Dra Hj Adrias Hariyanto yang didampingi langsung oleh Bunda Paud Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali, bertempat di Gedung Mahligao Bungsu Bangkinang Kota, Selasa (30/4/2024).

Bunda Paud Provinsi Riau Dra Hj Adrias Hariyanto menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga karena Bunda Paud Kabupaten Kampar, IGTKI beserta Para Pendidik Paud se Kabupaten Kampar karena telah bersedia dengan antusias mengikuti kegiatan seminar Implementasi Kurikulum Merdeka di jenjang Paud ini. 

"Dinamika perubahan kurikulum khususnya dijenjang Paud dari semula Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka, ditanggapi dengan penuh antusias oleh para guru. Dan tak hanya itu para guru Paud juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,”ujar Adrias Hariyanto

Ia menjelaskan bahwa,konsep merdeka belajar ini merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan pada prinsip kemerdekaan  yang dengan kata lain memberikan kebebasan bagi setiap individu peserta didik untuk memilih pembelajaran sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Sementara itu, Bunda Paud Kabupaten Kampar juga menyampaikan  bahwa Merdeka Belajar teriri atas tiga komponen yaitii komitmen terhadap tujuan, kemampuan untuk mandiri dalam menentukan cara belajar dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.

"Konsep Merdeka Belajar merupakan suatu pendekatan yang menekkankan pada penerpan materi yang esensial dan fleksibel sesuai dengan minat, bakat, kebutuhan dan tarakteristik peserta didik. Saya berharap dengan mengikuto seminar ini, para pendidik mampu faham dengan dalam dan mengimplementasikan dalam hal kegiatan belajar mengajar di sekilah," ujarnya.

Kemudian, Ketua IGTKI Kabupaten Kampar selaku pelaksana mengatakan bahwa sangat penting melaksanakan dan mengikuti seminar ini karna ini merupakan transformasi pendidikan di Indonesia yang amat dibutuhkan mengingat krisis pembelajaran yang telah berlangsung lama dan belum membaik dari tahun ketahun.

Pada Seminar ini didapat keterangan bahwa sangat penting faham dalam proses belajar mengajar bagi anak usia dini yang bertujuan untuk dapat mengenali dan memahami anak, agar menjadi anak saleh dam saleha serta mampu menjadi sesuai yang diharapkan, serta Peran orang tua dalam hal ini sangatlah penting.

Dalam kegiatan tersebut, Bunda Paud Provinsi Riau didampingi oleh Bunda Paud Kabupaten Kampar terima Plakat penghargaan dari penerbit Erlangga Cabang Pekanbaru sebagai bentuk komitmen kerjasama dalam memajukan dan mendukung kurikulum merdeka bagi Paud di Kabupaten Kampar.

Dalam kegiatan seminar akademik ini juga diikuti oleh Ketua IGTKI Kabupaten Kampar Lusiana Paluzi, S.Pd, M.Pd bersama 444 orang tenaga pendidik Paud se Kabupaten Kampar.

 

 

(Mediacenter Riau/msa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )