Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Musrenbangnas 2024 Diharapkan Jadi Sekrup Penyambung Agenda Pembangunan Pusat dan Daerah

JAKARTA - Prediksi Joko Widodo mengharap agar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang diselenggarakan oleh Bappenas RI menjadi sekrup penyambung agenda pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah. 

Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar penyusunan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan harus berdasarkan beberapa prinsip.

Adapun terang dia, prinsip yang pertama yakni programnya harus inline, harus seirama. Jangan sampai pusat ke kanan, dan daerah malah ke kiri.

"Semuanya harus inline, harus seirama. Misalnya pusat ingin meningkatkan produksi pangan, daerah malah mengubah potensi sawah menjadi properti, ini gak sinkron," kata Jokowi, saat pembukaan Musrenbangnas 2024, dikutip dari siaran YouTube Bappenas RI, Senin (6/5/24). 

Kemudian, Presiden Joko Widodo juga meminta agar program yang dibuat harus berorientasi pada hasil, dan berdampak pada ekonomi. 

Oleh sebab itu, rencana program yang dijalankan harus fokus, dan harus mementingkan skala prioritas mana yang ingin dijalankan. 

"Jangan sampai bolak-balik, anggaran kepala  dinas semuanya diberi. Nggak ada skala prioritas, gak jelas," ujarnya. 

Selanjutnya, Jokowi juga meminta agar program yang disusun dalam Musrenbangnas 2024 ini harus tepat sasaran dan strategis. Artinya APBD maupun APBN itu betul-betul manfaatnya kelihatan, karena tepat sasaran. 

Sebutnya, jangan sampai prioritas seperti anggaran untuk stunting, untuk ke puskesmas, akan tetapi tidak diprioritaskan untuk hal yang diperlukan itu. 

"Berharap musrenbang ini bisa menjadi sekrup penyambung agenda pembangunan pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Agar semuanya inline, semuanya seirama, tepat sasaran dan nanti hasilnya betul-betul dirasakan oleh rakyat," tutup Jokowi.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )