Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Ma'ruf Amin Ajak Semua Pihak Tingkatkan Budaya Baca dan Literasi

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengajak semua pihak untuk meningkatkan budaya membaca dan literasi di seluruh lapisan masyarakat. Sehingga gerakan literasi desa berdampak dan bermanfaat di seluruh pelosok negeri termasuk bagi masyarakat desa terpencil. 

Hal tersebut disampaikan Wapres RI dalam kegiatan pencanangan gerakan literasi desa sekaligus bersempena HUT ke 44 Perpusnas dan Hari Buku 2024 yang disiarkan melalui YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Jumat (17/5/24). 

"Semoga gerakan literasi desa yang dicanangkan hari ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat desa dan kualitas sumber dayanya serta memberikan kontribusi bagi pembangunan manusia," ucapnya. 

Dalam kesempatan tersebut Ma'ruf Amin juga menyampaikan beberapa arahan untuk menjadi perhatian semua pihak. 

Pertama, ia meminta agar menjalin koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak dengan melibatkan para pegiat literasi untuk merumuskan kebijakan yang pro literasi, termasuk menyediakan sarana membaca yang nyaman dan memadai.

Kemudian, Wapres RI juga meminta agar manfaatkan teknologi digital dalam meningkatkan literasi informasi sehingga informasi yang didapat tetap relevan dan menghasilkan layanan yang berkualitas pada masyarakat desa. 

Ketiga hargai budaya dan tradisi desa serta nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan perdesaan yang selama ini mampu membina masyarakatnya untuk terus belajar dan berpengetahuan. 

"Terakhir perluas cakupan gerakan literasi desa sebagai pelengkap program pembangunan dan peningkatan kualitas perpustakaan di daerah masyarakat desa yang terdidik dan terliterasi akan menjadi tiang penyangga yang kokoh dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," ucapnya. 

Selanjutnya, Wapres RI tersebut juga meminta seluruh pemangku kepentingan agar terus mengupayakan peningkatan literasi dan pembangunan sumber daya manusia.

Karena menurutnya, sumber daya yang unggul adalah untuk kunci untuk memenangkan persaingan global saat ini. 

"Kondisi ini  seharusnya memacu kita agar mengejar ketertinggalan sehingga kualitas sumber daya manusia kita semakin meningkat dan pembangunan Indonesia semakin melesat," tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )