Ahad, 17 Zulhijjah 1445 H | 23 Juni 2024
Pj Gubri SF Hariyanto Ajak Warga Riau di Perantauan Ikut Membangun Kampung Halaman
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto saat hadir silahturahmi dengan Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ), pada Sabtu (18/5/2024) di Hotel Ciputra Jakarta.

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengajak masyarakat Riau yang ada di perantauan ikut berperan serta membangun kampung halaman. Hal itu ia sampaikan saat hadir silahturahmi dengan Persatuan Masyarakat Riau Jakarta, pada Sabtu (18/5/2024) di Hotel Ciputra Jakarta.

Diungkapkan SF Hariyanto, pertemuan tersebut merupakan sarana strategis bagus Provinsi Riau untuk menyatukan pikiran, sembari berdiskusi dan memberi saran dan masukan dalam rangka membangun Riau yang lebih maju. Acara itu sekaligus ajang silahturahmi dengan masyarakat Riau yang ada di Jakarta untuk menjalin keakraban, saling melepas rindu, dan bermaaf-maafan dengan saudara seperantauan. 

"Kami mengajak seluruh masyarakat Riau di perantauan terus merawat persaudaraan. Kita semua adalah saudara yang harus menjadi wajah Riau yang ramah dan santun. Saatnya menyatukan pikiran dan membangun Riau agar kehidupan ekonomi masyarakat semakin sejahtera. Mari berkolaborasi bersama membangun kampung kita," ucap SF Hariyanto.

Dikatakan dia, bahwa pihaknya sebagai pemangku kepentingan, tentulah tidak dapat bekerja sendiri-sendiri tanpa didukung oleh seluruh komponen masyarakat termasuk masyarakat Riau yang berada di perantauan. Menurutnya, Pemprov Riau tentu sangat mendukung langkah dan upaya dari Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) mengajak seluruh komponen masyarakat Riau di Jabodetabek untuk bersatu memajukan pembangunan di Provinsi Riau.

"Kontribusi PMRJ tidak dapat dimungkiri menjadi salah satu bagian dalam menentukan keberhasilan pembangunan di Provinsi Riau. Oleh karena itu, silahturahmi kita ini menjadi sangat penting," ujarnya.

Selaku Penjabat Gubernur Riau, hal yang menjadi fokus utama di masa transisi kepemimpinan yang relatif singkat ini, adalah terkait penyelesaian program Gubernur sebelumnya. Di antaranya saat ini Pemprov  Riau fokus pada perbaikan infrastruktur di Riau, satu di antaranya dengan mengambil alih sebanyak 14 ruas jalan yang ada di Pekanbaru.

"Alhamdulilah, overlay sudah kita mulai, Hal ini menjadi penting dilakukan, karena Kota Pekanbaru adalah wajah dari Provinsi Riau. Begitu juga dengan jalan dan jembatan kewenangan Provinsi di Kabupaten/Kota. Kami terus menggesa perbaikan peningkatan jalan. Ke depan kami akan membuat program multiyears untuk penyelesaian perbaikan jalan kewenangan provinsi," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, pada tahun ini, pembangunan hotel Pemerintah Provinsi Riau yang berlokasi di Kawasan di Mess Provinsi Riau, Slipi, Jakarta akan segera dimulai. Nantinya, hotel ini akan berstandar bintang 3 (tiga) yang terdiri dari 16 lantai dengan unit sebanyak 288 kamar dan dilengkapi dengan Ballroom serta meeting room.  

"Pemerintah Provinsi Riau telah membebaskan lahan di sekitar lokasi untuk mendukung perluasan pembangunan hotel ini. Pembangunan hotel Pemerintah Provinsi Riau di Jakarta dilakukan dengan lelang investasi, yang skemanya dapat menguntungkan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemprov Riau. Dengan adanya Hotel Riau nanti, masyarakat Riau tentu dapat memanfaatkan hotel ini dengan harga yang lebih terjangkau. Kita berharap kedepannya, acara silahturahmi kita sudah dapat diselenggarakan di hotel kita sendiri," tandasnya.

Sementara, Ketua Umum PMRJ Komjen Pol  (Purn) Prof Gatot Eddy Pramono mengatakan, PMRJ merupakan wadah perkumpulan masyarakat Riau di Jakarta. Organisasi ini untuk menjalin silaturahmi dan tempat untuk berdiskusi untuk membangun Riau lebih baik ke depan.

"PMRJ ini adalah wadah bagi kami, masyarakat Riau yang ada di Jakarta untuk berkumpul, bersilaturahmi dan diskusi. Dengan adanya wadah ini masyarakat Riau yang ada di Jakarta ini tidak sendirian, kita punya banyak saudara disini, kita harus saling membantu dan kita harus bersatu," katanya.

"PMRJ juga telah menyelenggarkan sejumlah kegiatan pelatihan dan seminar, promosi, kegiatan sosial memberikan bantuan kepada warga Riau yang membutuhkan. Kegiatan ini didukung oleh Pemprov Riau," tandasnya.

Silaturahmi Pj Gubri bersama PMRJ dihadiri ratusan perantau asal Riau yang menetap di Jakarta. Tampak juga hadir, Anggota DPR RI, Abdul Wahid, Syahrul Aaidi, dan Ahmad, Pelaksanaan tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, Asmar, Pj Bupati Kampar, Hambali Mantan Gubernur Riau HM Rusli Zianal.

Kemudian, ada pula Pj Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Indra, Ketua Majelis Lembaga Kerapatan Adat Melayu Riau, Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Adrias Hariyanto, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Riau.

(Mediacenter Riau/MC Riau)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ingatkan 'Neraka' Iklim, Jokowi: Harus Waspada

Jumat, 14 Juni 2024 | 12:40:10 WIB