Ahad, 17 Zulhijjah 1445 H | 23 Juni 2024
KPU Riau Luncurkan Jadwal Pilkada Serentak, Cek Tanggalnya
Peluncuran Jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Riau.

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah mengumumkan jadwal dan tahapan resmi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Riau serentak tahun ini. Peluncuran tersebut dilaksanakan di Halaman Anjungan Seni Idrus Tintin, Kota Pekanbaru, Senin (20/05/2024) malam.

Dikatakan, Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, pemilihan serentak di Provinsi Riau dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu 27 November 2024. Dengan begitu, merupakan momentum baik untuk memastikan partisipasi maksimal dalam proses demokrasi.

“Peluncuran Pilkada dan Pemilihan Gubernur provinsi Riau tahun 2024 nanti itu akan berlangsung pada tanggal 27 November. Momentum ini menjadi penting bagi kita semua karena kita akan melaksanakan pesta demokrasi terbesar dan serentak secara nasional,” katanya.

Dijelaskan, nantinya pada waktu yang di tentukan tersebut masyarakat dapat melakukan pemilihan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur. Kemudian juga dilakukan dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. 

“Dalam tahun ini kita telah selesai melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sekaligus legislatif. Kemudian, dilanjutkan dengan Pilkada yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang digelar di tahun yang sama yaitu tahun 2024. Sehingga hal ini menjadi pusat pekerjaan besar yang sangat menentukan kualitas demokrasi dalam kehidupan sosial kita, khususnya di Provinsi Riau,” jelasnya.

Diungkapkan, seluruh pemilih agar dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk memberikan suara mereka pada hari pemungutan suara. Sebab keterlibatan aktif warga sangatlah penting dalam menentukan masa depan daerah ini.

“Tentu ini bukan pekerjaan yang mudah, KPU Provinsi Riau sangat membutuhkan partisipasi semua pihak kerjasama seluruh kelompok dan elemen masyarakat yang ada di Provinsi Riau untuk bersama bahu membahu mensukseskan tahapan pemilihan kepala daerah provinsi Riau tahun 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Riau, Indra, menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Ia menambahkan pilihlah calon yang dianggap memiliki visi, integritas, dan kompetensi tinggi untuk memimpin daerah.

Tak ketinggalan, semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk menciptakan pemilihan yang berkualitas dan berintegritas demi terwujudnya kehidupan demokratis lebih baik di Provinsi Riau.

“Agar Pilkada berjalan secara baik lancar dan damai, untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat Riau dapat mensukseskan pilkada dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya. Waspadai black campaign, money politik, dan isu sara serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selalu harmonis,” imbaunya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KASN Setujui Hasil Seleksi Calon 4 JPTP Pemprov Riau

Sabtu, 22 Juni 2024 | 14:31:53 WIB

KKB Riau Diharapkan Berkontribusi Dalam Pembangunan

Sabtu, 22 Juni 2024 | 05:51:17 WIB