Jumat, 15 Zulhijjah 1445 H | 21 Juni 2024
KMP Permata Lestari I Terbakar di Bengkalis, Ini Penjelasan Dishub
Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Permata Lestari I, terbakar di Pelabuhan PT. BUMI Laksamana Bandar Jaya (Foto HO).

PEKANBARU - Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Permata Lestari I, terbakar di Pelabuhan PT. BUMI Laksamana Bandar Jaya (BLJ). Lokasinya berada di Jalan Panglima Minal, Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis, Riau, pada Kamis (23/5) sekitar pukul 10.55 Wib.

Saat bersandar di Pelabuhan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), KMP Permata Lestari 1 sedang dalam perbaikan dan kemudian terbakar.

Kepala Dinas Perhubungan Riau Andi Yanto saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya juga sudah mendapatkan laporan adanya kapal yang terbakar tersebut. Namun, kapal itu bukan milik Pemprov Riau, melainkan kapal yang dikelola oleh pihak  Bengkalis.

“Iya kami dapat laporan ada kapal terbakar di Pelabuhan BLJ Bengkalis. Namun, kapal itu bukan dikelola oleh pihak Bengkalis, bukan Pemprov Riau,” katanya.

Dijelaskan Andi, berdasarkan laporan yang pihaknya terima, kapal tersebut terbakar saat masih berada di pelabuhan dan sedang dilakukan perbaikan. 

“Kapalnya terbakar saat masih berada di Pelabuhan, dan saat itu juga sedang dilakukan perbaikan,” sebutnya.

Saat ditanyakan penyebab kebakaran kapal tersebut, Andi menyebut bahwa pihaknya belum mendapat informasi penyebabnya. Pihak Pemkab Bengkalis juga masih menunggu keterangan dari pihak berwajib.

“Saya tanya penyebabnya, Pemkab Bengkalis juga tidak tahu, mereka masih menunggu keterangan dari pihak kepolisian yang sedang melakukan penyelidikan,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Adi Pranoto menjelaskan, bahwa kapal tersebut sudah tidak beroperasi sejak 12 Mei 2024.

"Diduga api berasal dari arus pendek di ruang penumpang. Kapal ini sudah tidak diperpanjang operasinya sejak 12 Mei 2024. Saat terbakar, kapal stand by di pelabuhan PT. BLJ. Kejadian ini menjadi tanggung jawab pihak perusahaan," kata Adi Pranoto.

Lebih lanjut ia mengatakan, proses pemadaman api melibatkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Damkar. Dalam waktu singkat, api berhasil dipadamkan. "Alhamdulillah, api sudah padam dan kini dalam tahap pendinginan," kata Adi.

Adi menegaskan bahwa kebakaran ini tidak mengganggu arus pelayaran kapal Roro lain yang melayani rute Bengkalis-Sungai Pakning. "Kapal yang beroperasi hari ini hanya dua kapal, sementara tiga kapal lainnya baru kembali dari docking dan menunggu pengecekan untuk operasi. Kejadian ini tidak mengganggu arus penyeberangan," pungkasnya.

(Mediacenter Riau/ms)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Baznas Award 2024

Jumat, 01 Maret 2024 | 06:10:56 WIB