Sabtu, 14 Muharram 1446 H | 20 Juli 2024
5.273 Jamaah Haji Riau Sudah Diberangkatkan ke Arab Saudi, 4 Kloter Sudah di Makkah

PEKANBARU - Sebanyak 5.273 Jamaah Calon Haji (JCH) dari Provinsi Riau seluruhnya sudah dieberangkatan ke Arab Saudi. Ribuan jamaah calon haji Riau ini terbagi dalam 14 Kelompok Terbang (Kloter).

Kloter terakhir diberangkatkan dari Embarkasi Haji Batam menuju ke Arab Saudi adalah Kloter 14.

Kloter gabungan dari kabupaten Rokan Hilir, Indragiri Hilir dan Pekanbaru ini diberangkatkan pada Minggu (26/5/2024) pagi.

"Iya, hari ini adalah hari terakhir pemberangkatan jamaah calon haji dari Provinsi Riau. Alhamdulillah seluruhnya sudah dieberangkatan. Totalnya ada 5.273 jamaah," kata Plt Kepala Kanwil Kemenag Riau, Muliardi, Minggu (26/5/2024).

Maliardi menjelaskan, kloter terakhir yang dieberangkatan ini masuk dalam gelombang kedua. Sehingga mereka langsung mendarat di Jeddah buka di Madinah seperti jamaah haji yang berangkat pada gelombang pertama.

"Sebagian besar jamaah haji Riau saat ini berada di Madinah. Namun sudah ada 4 kloter yang sudah berada di Makkah Al-Mukarramah," ujarnya.

Maliardi bersyukur karena jamaah calon haji Riau yang saat ini berada di madinah dan makkah dalam kondisi sehat. Belum ada yang dirawat di rumah dan baru satu jama'ah yang meninggal dunia.

Muliardi juga mengingatkan kepada kepada jemaah calon haji Riau agar menjaga kesehatan dan stamina. Sebab cuaca di Madinah saat ini cukup panas. Bahkan saat puncak haji, cuaca diperkirakan akan semakin panas jelang puncak haji, bisa mencapai 48-50 derajat celcius.

Sehingga saat siang hari pelataran masjid Nabawi itu sangat panas. Jika berjalan tanpa alas kaki di pelataran yang panas tersebut sangat berisiko telapak kaki melepuh.

Selain menggunakan alas kaki, jamaah juga dihimbau agar tidak terlalu banyak beraktivitas diluar ruangan saat siang hari. Ini dilakukan untuk menghindari panas.

"Banyak konsumsi air putih, stamina harus dijaga, karena ibadah haji inikan ibadah fisik," katanya.

Muliardi mengingatkan kepada seluruh jamaah haji Riau agar fokus selama menjalankan ibadah haji di Tanah suci Mekkah. Sebab peluang untuk bisa sampai ke tanah suci harus menunggu cukup lama. Saat ini daftar tunggu keberangkatan haji Riau kurang lebih 13 tahun.

"Jadi manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, fokus untuk beribadah saja, jangan pikirkan yang lain-lain," katanya. 

 

 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Razia di Pelalawan, Tim Gabungan Tilang 118 Kendaraan

Sabtu, 20 Juli 2024 | 19:27:52 WIB