Selasa, 17 Muharram 1446 H | 23 Juli 2024
Resmi! Unri Batalkan Kenaikan UKT
Ilustrasi

PEKANBARU - Universitas Riau resmi membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Hal ini setelah adanya persetujuan Kemendikbudristek RI. Pengembalian UKT mahasiswa yang sudah melakukan pembayaran sebelumnya, akan dilakukan pekan depan.

“Namun kementerian dalam hal ini belum menyetujui berapa besaran tarif iuran pengembangan institusi (IPI) yang telah diusulkan sekitar 75 perguruan tinggi negeri di Indonesia,” kata Rektor Unri Prof Dr Sri Indarti SE MSi, Sabtu (15/6).

Rektor menjelaskan, surat persetujuan no.0694/E/PR.07.04/2024 yang ditandatangani Dirjen Diktiristek Abdul Haris sudah ia terima, pada Jumat (14/6) kemarin.

“Merespon surat tersebut kami menerbitkan SK Rektor menindaklanjuti penyelesaian pengembalian kelebihan UKT yang sudah dibayarkan mahasiswa jalur SNBP, saat mereka mendaftar ulang,” kata Rektor.

Selain itu, pihaknya juga menghubungi mahasiswa yang telah lulus SNBP, namun belum sempat mendaftar ulang. "Secara kelembagaan Unri taat dan patuh terhadap arahan Presiden, melalui Dirjen Dikti,” tegas Rektor.

Sri berharap apa yang telah diputuskan dapat memberikan rasa keadilan pada masyarakat.

“Kami berharap pada mahasiswa baru yang diterima agar memanfaatkan kesempatan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi, khusunya Unri,” harap Sri.

Sri berpesan, agar calon mahasiswa jangan sampai gagal mengikuti studi demi tercapainya generasi emas tahun 20245. "InsyaAllah pekan depan usai cuti bersama Idul Adha, Unri akan mulai menyelesaikan pengembalian UKT,” ucap Sri.

Dijelaskannya, ada dua penyelesaian pengembalian pembayaran UKT. Pertama, sisa uang akan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa, atau sisanya menjadi deposit pembayaran UKT semester berikutnya.

Sedangkan, bagi mahasiswa baru masuk lewat jalur SNBP yang belum sempat mendaftar ulang akan dipanggil kembali seusai arahan kementerian. Sehingga, bagi calon mahasiswa yang belum sempat mendaftar ulang akan dipanggil lagi.

“Dalam Sak persetujuan Dirjen Diktiristek, tarif baru UKT yang sudah diturunkan berlaku untuk tiga jalur seleksi mahasiswa Unri,” jelas Sri.

Jalur seleksi yang dimaksud, yakni seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), lalu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), selanjutnya Seleksi Mandiri.

“Unri memiliki 55 program studi (Prodi) Strata 1 (S1) dan sembilan Prodi Diploma 3 (D3) serta satu prodi Diploma 4 (D4),” ulas Sri.

Pihaknya sendiri untuk menindaklanjuti SK tersebut, telah menyiapkan petugas verifikasi UKT di lantai 3 Rektorat.

“Masyarakat ataupun mahasiswa baru jangan sampai bertanya kepada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Ini perlu saya tegaskan agar tidak ada yang menjadi korban,” tutup Sri.

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau

Selasa, 23 Juli 2024 | 22:09:57 WIB