Selasa, 17 Muharram 1446 H | 23 Juli 2024
Sosok Syekh Ma'sum Tambusai di Mata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto
Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto

ROHUL - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto mengaku sangat menghormati dan memberikan penghargaan yang tinggi atas jasa-jasa Syekh Ma'sum Tambusai dalam menyebarkan ajaran Islam di Riau. Untuk itu, sudah seharusnya umat muslim menyelenggarakan kegiatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai pada setiap tahunnya.

Dijelaskan, Syekh Ma'sum Tambusai adalah ulama besar yang telah memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan Islam di Riau. Peringatan haul ini adalah wujud penghormatan umat kepada beliau dan perjuangannya.

"Syekh Ma'sum Tambusai merupakan salah satu pejuang dan ulama tarekat yang berjasa menyebarkan tarekat suluk di kabupaten Rokan Hulu khususnya dan Provinsi Riau umumnya. Kami tentunya sangat mengagumi perjuangan tak kenal lelah dari Beliau dalam menyebarkan Islam di Provinsi Riau," kata SF Hariyanto, saat  menghadiri peringatan ke-63 Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai, Selasa (18/6).

Pj Gubri juga mengajak masyarakat untuk meneladani nilai-nilai perjuangan dan keteladanan yang ditunjukkan oleh Syekh Ma'sum Tambusai. Karena semangat juang dan keteladanan Syekh Ma'sum Tambusai harus dapat di jadikan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. 

"Kemuliaan akhlak Syekh Ma'sum Tambusai dapat menjadi cermin bagi kita semua kaum muslimin untuk menjadi insan terpuji, santun, dan beretika, dalam membangun tatanan kehidupan yang harmonis sesuai perintah Allah SWT,"  ucapnya.

Peringatan ke-63 Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai, momentum untuk mempererat silaturahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di kalangan masyarakat. Kegiatan tesebut berlangsung di Surau Suluk Dusun Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango,  Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Dari pantauan Media Center Riau, kehadiran Pj Gubernur SF Hariyanto disambut antusias oleh seluruh warga sekitar. Terlihat, orang nomor satu di Provinsi Riau tersebut diarak menuju surau menggunakan kompang.

Tak hanya itu saja, seluruh warga berbondong-bondong ingin melakukan swafoto bersama dan bersalaman dengan Pj Gubri. 

Pelaksanaan haul dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh sejumlah ulama setempat. Dalam suasana yang penuh hikmat, para jamaah mengikuti setiap agenda dengan khusyuk.

"Puncak peringatan haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai yang diselenggarakan saat ini sebuah kegiatan sangat bermakna bagi kita semua, khususnya kaum muslim yang ada di kabupaten Rokan Hulu. Sudah sepatutnya peringatan haul kita peringati. Bahwasanya Syekh Ma'sum Tambusai  merupakan salah seorang ulama terkemuka pada zamannya," tandasnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau

Selasa, 23 Juli 2024 | 22:09:57 WIB