Selasa, 17 Muharram 1446 H | 23 Juli 2024
O2SN SMA Tingkat Provinsi Riau Mempertandingkan 5 Cabor
Cabor Renang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA/MA Tingkat Provinsi Riau 2024

Pekanbaru - Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA/MA Tingkat Provinsi Riau 2024 resmi bergulir, Rabu (19/6). O2SN tahun ini mempertandingkan lima cabang olahraga (Cabor). 

Lima cabor tersebut adalah atletik, bulutangkis, silat, karate, dan renang. Setiap Cabor diikuti 12 orang kategori putra dan kategori putri. Artinya, setiap Cabor diikuti 24 atlet. Ditambah satu orang pendamping untuk tiap Cabor, jumlah total peserta adalah 180 orang.

Sementara itu, Cabor renang, karate dan atletik digelar di Sport Center Rumbai. Untuk Cabor bulu tangkis digelar di GOR Nuansa. Sementara, untuk Cabor silat dilakukan di Padepokan silat Alam Mayang.

Kegiatan diawali defile kontingen dari seluruh kabupaten/kota yang hadir. Kemudian, dilanjutkan dengan pengucapan janji wasit dan atlet di hadapan seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Edi Rusma Dinata dengan tegas mengatakan jangan ada atlet titipan di ajang O2SN. Penegasan ini disampaikan kepada wasit dan juri O2SN SMA Tingkat Provinsi Riau.

"Wasit maupun juri harus memastikan tidak ada atlet titipan. Jangan sampai atlet yang dimenangkan adalah anak kepala sekolah," kata Edi Rusma Dinata, Kamis (20/6).

Penilaian yang adil dan objektif akan melahirkan atlet yang memang berkompetensi dan punya jiwa yang kuat di tiap Cabor yang mereka tekuni. Beri kesempatan pada peserta didik untuk mengekspresikan kemampuan mereka.

Sementara kepada atlet, Edi mendorong agar menguraikan semua kemampuan dalam kompetisi ini. Harus mampu membuat wasit dan juri menetapkan diri atlet bersangkutan unggul. Sehingga atlet yang mewakili Riau memang mempunyai kemampuan untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Atlet juga diminta bertanding secara sportif. Atlet harus meyakini kemungkinan tak terpilih. Untuk itu, jiwa sportivitas olahraga harus ditanamkan." Jadi semua peserta O2SN mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya," kata Edi

Sementara ketua panitia yang juga Plt Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Riau, Alfira mengatakan O2SN merupakan kegiatan rutin dan berlaku berjenjang. Mulai di kecamatan, kabupaten/kota lalu menuju tingkat Provinsi.

Tujuan pengembangan talenta peserta didik di bidang olahraga. Sehingga mereka bisa menunjukkan bakat di tingkat nasional. Di samping itu melatih jiwa sportivitas, kompetitif, dan bertanggungjawab.

Di samping itu, O2SN juga mendorong seluruh peserta berjiwa dan raga yang sehat dengan gemar berolahraga serta menjunjung solidaritas dan persahabatan seluruh peserta." Peserta yang ikut berlomba adalah perwakilan seluruh daerah," ujar Alfira.

Hasil yang ingin dicapai di O2SN, kata Alfira, mampu mendorong seluruh peserta didik meraih prestasi dengan jiwa sportivitas yang tinggi. Sehingga bisa melahirkan bibit atlet andalan Riau pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke depan. (media center Riau/ikn).

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau

Selasa, 23 Juli 2024 | 22:09:57 WIB