Sabtu, 14 Muharram 1446 H | 20 Juli 2024
Polda Riau Siap Amankan PSU Pileg dan Pilkada 2024 Provinsi Riau

Pekanbaru - Polda Riau menggelar pertemuan membahas kesiapan pengamanan PSU (Pemilihan Suara Ulang) Pileg dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Provinsi Riau.

Acara tersebut dipimpin oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi Wakapolda Riau Brigjen Pol K Rahmadi. Tampak pula hadir Pejabat Utama (PJU) Polda Riau dan Kapolres/Ta dari 12 Kabupaten/Kota serta Ketua KPU dan Bawaslu se-Riau.

Ada 4 Kabupaten yang akan menyelenggarakan PSU (Pemilihan Suara Ulang) Pileg. Di antaranya di Kabupaten Inhu, Meranti, dan Kota Dumai. Pelaksanaanya akan diselenggarakan pada 29 Juni 2024. Sementara, di Kabupaten Rokan Hulu akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024. 

Dalam sambutannya, Kapolda Riau menegaskan komitmen Polda Riau untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di Riau dengan profesional dan netral.

"Kami siap mengamankan setiap tahapan PSU Legislatif dan Pilkada serentak 2024 di wilayah Riau. Tugas kami adalah menjamin situasi yang aman dan kondusif bagi seluruh masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya," ujar Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Kapolda Riau menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan. "Kita harus antisipasi segala kemungkinan, baik isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), hoaks, money politik, hingga ancaman radikalisme dan terorisme yang dapat mengganggu situasi kondusif," tekannya.

Lebih lanjut, Irjen Pol Mohammad Iqbal menyampaikan, bahwa Polda Riau akan berkoordinasi erat dengan seluruh stakeholder terkait, termasuk Bawaslu, KPU, TNI, Pemerintah Daerah, dan elemen masyarakat lainnya.

"Kita harus bersinergi dan saling mendukung agar pelaksanaan PSU Legislatif dan Pilkada serentak 2024 di Riau dapat berjalan lancar, aman, dan damai," tegasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Polda Riau telah menyiapkan sejumlah langkah pengamanan, seperti pemetaan wilayah rawan, pengerahan personel gabungan, dan pengamanan logistik pemilu.

"Kami juga akan melakukan pemantauan dan patroli secara intensif di seluruh wilayah Riau, serta menjaga netralitas anggota Polri dalam mengamankan pesta demokrasi ini," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, para Kapolres/Ta serta Ketua KPU dan Bawaslu se-Riau juga menyampaikan laporan kesiapan di masing-masing wilayah, termasuk 4 kabupaten yang akan menggelar PSU Legislatif dalam waktu dekat ini. Selain itu juga mendiskusikan strategi pengamanan yang akan diterapkan di tiap-tiap daerah sesuai dengan tingkat kerawanan.

Seluruh jajaran Polda Riau berkomitmen untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada demi menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan PSU Legislatif dan Pilkada serentak 2024 di Riau.

(Mediacenter Riau/asn)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Kelapa Sawit Swadaya Naik Lagi, Ini Daftar Harganya

Selasa, 04 Juni 2024 | 16:15:31 WIB