Selasa, 17 Muharram 1446 H | 23 Juli 2024
Pendaftar SMAN Plus Capai 1.189 Peserta
Ilustrasi

PEKANBARU -  Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA Negeri Plus Provinsi Riau sudah dibuka. Tercatat total ada sebanyak 1.189 pendaftar ke sekolah yang menerapkan sistem boarding tersebut.

Kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau, Edi Sutono MPd mengatakan sosialisasi pendaftaran PPDB di SMAN Plus sudah dimulai sejak Februari silam. Dilanjutkan dengan tahapan pembukaan pendaftaran yang dilaksanakan dengan sistem online. Pendaftarnya berasal dari calon peserta didik se kabupaten/kota Provinsi Riau.

Setelah mengikuti tahapan pendaftaran, maka masih ada seleksi selanjutnya yang harus dilalui. "Yang lulus seleksi berkas, ini yang berhak mengikuti tes selanjutnya yaitu tes akademik," ujar Edi Sutono MPd, Kamis (20/6).

Peserta didik yang berhasil melalui semua tahapan seleksi dan tes, mereka akan masuk asrama sekitar 11 Juli 2024. Adapun jumlah calon peserta didik yang diterima atau kuota SMAN Plus sebanyak 200 peserta didik.

"Pembelajaran efektif tahun 2024-2025 itu kalau berdasarkan kalender pendidikan sekitar 15 Juli,“ sebutnya.

Pihak SMAN Plus sudah mulai sosialisasi dari awal Februari, kemudian dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran. "Tahapannya setelah pendaftaran secara daring yakni sejak Februari kemudian ada tes akademik, fisik, kesehatan dan psikotes. Rentang waktunya sudah dimulai sejak Februari," tambahnya.

Sementara syarat administrasi berkenaan dengan nilai rapor dan sertifikat prestasi jika ada. Berkenaan dengan nilai, untuk tahun ini PPDB SMA Plus, untuk lima mata pelajaran yaitu matemateka, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA dan IPS minimal 80. Untuk semua nilai mulai semester satu sampai semester lima.

"Kemudian juga syarat lain yang mengikat adalah nilai rata-rata keseluruhan Mapelnya juga harus 80. Tim kita kemudian melakukan verifikasi berkas calon peserta didik. Kemudian juga ada tes kesemaptaan yang meliputi tes kesehatan dan tes fisik,” ujarnya. 

(Mediacenter Riau/ms)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )