Selasa, 17 Muharram 1446 H | 23 Juli 2024

PEKANBARU - Riau yang berjuluk bumi lancang kuning sangat kental dengan budaya melayu dan nilai-nilai keislaman. Masjid Raya Annur Provinsi Riau, satu diantara masjid yang menujukkan bukti begitu kokohnya tempat ibadah menjadi ikon daerah.

Oleh karena itu, sebagai Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto terus melakukan langkah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk meramaikan Masjid Raya Annur. Komitmennya ini dibuktikan dengan cara melakukan perbaikan infrastruktur masjid.

"Makanya saya minta ada pelebaran di sekitar masjid, supaya tidak terjadi macet lagi ketika lebaran. Bukan hanya itu saja, bagian dalam juga harus ada perbaikan dan penyiapan lahan parkir," ujarnya saat ramah tamah bersama pengurus Masjid raya Annur di Rumah Dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Sabtu (22/06/2024) pagi.

Diungkapkan, sangat penting memperhatikan kenyamanan dan keamanan bagi jamaah. Oleh karena itu perbaikan infrastruktur masjid harus dilakukan. Sehingga, Masjid Raya Annur Provinsi Riau bukan hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga pusat kegiatan sosial keagamaan.

"Jadi kalau saya terus terang saja, lift dan eskalator tolong diganti yang baru supaya tidak ada lagi perbaikan. Karena orang-orang tua inikan pingin solat di Annur kalau pakai tangga itu kakinya sakit, kasian kita. Itulah cacatan saya yang perlu di sempurnakan lagi," ungkapnya.

"Saya berharap bagaimana masyarakat berbondong-bondong mau dari luar kota ataupun dalam kota mampir ke masjid kita. Caranya tentu kita harus pandai membenahi penampilannya," lanjut SF Hariyanto.

Dijelaskan, terhadap permasalahan payung elektrik tentu segera akan ada pembahasan lanjutan. Dengan begitu, Pj Gubernur SF Hariyanto mengintruksikan pihak PUPR Riau agar mendatangkan para tenaha ahli untuk menindak lanjuti penanganannya.

"Terus terang saja kalau permasalahan payung, masalah hukum sudah selesai. Saya minta Thomas berikan kami keyakinan, jaminan, dan kepastian jika itu diperbaiki bisa bagus. Jadi kalau kita alokasikan anggaran, kita minta ada kepastian supaya tidak rusak lagi. Makanya besok para ahli ITB mengecek ke lokasi," jelasnya.

Lebih lanjut,Pj Gubernur menekankan bahwa perbaikan dan perwatan ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memastikan masyarakat bisa menikmati fasilitas masjid dengan baik. Sehingga, para jamaah dapat tertarik meramaikan Masjid Raya An Nur Provinsi Riau.

"Alhamdulillah kebersihan saya lihat sudah mulai bagus sekarang. Kalau untuk kepentingan umat ini jangan nanggung-nanggung, karena itulah harapan kita." pungkasnya.

 

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )