Selasa, 17 Muharram 1446 H | 23 Juli 2024
Pada Puncak Milad ke-16, Umri Akan Adakan Beberapa Agenda Penting
Rektor Umri, Saidul Amin.

PEKANBARU- Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) akan menggelar puncak milad ke-16 pada Senin, 24 Juni 2024 mendatang. Bersempena dengan milad ke-16 tersebut, beberapa kegiatan penting akan dilakukan, diantaranya pertama, akan diresmikan Gerbang Utama Umri yang berbentuk Kapal Legenda Melayu Lancang Kuning. 

"Gerbang ini merupakan bantuan dari Pertamina Hulu Rokan yang bekerja sama dengan Kementerian LHK, " kata Rektor Umri, Saidul Amin dalam acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke-26 Umri, di kampus utama Umri Jalan Tuanku Tambusa, Sabtu (22/6/24).

Kedua, juga akan meresmikan Gedung Wakaf Tajdid Center Umri empat tingkat dengan anggaran Rp13 miliar dari dana wakaf umat.

"Gedung ini sebagai tempat belajar bagi mahasiswa. Gedung ini dibangun berbasis  wakaf dari semua pihak yang sudah mengamanahkan harta bendanya untuk diabadikan di gedung tersebut, " imbuhnya. 

Saidul Amin mengatakan, agenda ketiga yang akan dilakukan pada puncak milad ke-16 tersebut yakni meresmikan bangunan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) atau asrama mahasiswa. Rusunawa yang dibangun dengan dana sebesar Rp19 miliar ini memiliki sebanyak 40 kamar dan mampu menampung 160 mahasiswa. 

"Rusunawa ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang tinggalnya jauh dari kota (Pekanbar) ini, mahasiswa miskin, dan mahasiswa internasional," imbuhnya.

Keempat, Umri juga akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mahmud Marzuki Tower (MMT) Umri. Gedung ini nantinya akan dibangun 9 tingkat dengan anggaran mencapai Rp45 miliar.

"Gedung ini didirikan berbasiskan wakaf dan keuangan Umri. Kita akan berupaya sekuat tenaga dan tidak menggunakan program hutang ke bank, " lanjut Saidul Amin. 

Pada helat tersebut, Umri juga akan melaksanakan syukuran, karena telah memiliki fakultas kedokteran. 

"Mulai tahun ini, Umri sudah memiliki fakultas kedokteran. Keberadaan fakultas ini sangat penting, yang akan membuat Umri duduk sama rendah dan tegak sama tinggi dengan universitas lainnya ada di Indonesia," tutup Saidul Amin. 

Rektor menjelaskan ada sejumlah rangkaian kegiatan yang telah dan sedang berlangsung dalam rangka Milad Umri 2024. Seperti tablig akbar, gerak jalan sehat, sehari bersama UMKM dan Bedah Buku Biografi Prof. Dr. H. Muhammad Nazir, MA.

Juga akan digelar kegiatan Sarasehan Pemikir Asia Tenggara dengan tema “Dari Muhammadiyah Untuk Semesta”, yang akan dilaksanakan Ahad, 23 Juni 2024 di Hotel Pangeran Pekanbaru.

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

UNRI Wisuda Sebanyak 2.181 Mahasiswa

Senin, 22 Juli 2024 | 16:16:34 WIB

Sinergi Kejati dan Pemprov Riau Berjalan Sangat Baik

Senin, 22 Juli 2024 | 12:47:22 WIB