Selasa, 17 Muharram 1446 H | 23 Juli 2024
Unri Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Batu Basurat Untuk Irigasi

PEKANBARU - Petani di Kelurahan Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang Tim Sobat Bumi Universitas Riau (Unri).

Pembangkit listrik bertenaga surya ini, nantinya akan dimanfaatkan para petani untuk keperluan irigasi.

Ketua Tim Rizky Fahmy Saptura, Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan mengatakan, pemasangan PLTS ini dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 21 Juni 2024.

“Pemasangan dibantu Ketua Tim Rizky Fahmy Saptura, Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan, tim pemasang PLTS, dan para dosen pembimbing dari Fakultas Teknik Unri, Dr David Andrio ST MSi dan Dr Iswadi HR ST MT PhD SMIEEE yang memberikan support luar biasa dalam pelaksanaan program ini,” kata Rizky.

Rizky menjelaskan, bahwa proyek pemasangan PLTS ini merupakan salah satu upaya nyata Tim Sobat Bumi Unri dalam mendukung keberlanjutan energi terbarukan dan peningkatan efisiensi irigasi pertanian di daerah tersebut, terutama sebagai salah satu langkah kecil untuk mencapai SDGs nomor 4.

“Tim berharap PLTS yang dipasang diharapkan dapat menyediakan sumber energi yang bersih dan stabil untuk keperluan irigasi, sehingga membantu kelompok tani dalam meningkatkan hasil panen mereka,” harap Rizky.

Rizky mengatakan, PLTS yang dipasang ini memiliki berkapasitas 1560 watt ini memberikan banyak kelebihan seperti menjadi pemasuk energi listrik untuk irigasi lahan pertanian hal ini akan menghantarkan irigasi yang baik untuk pertanian sepanjang tahun. 

Rizky memastikan bahwa PLTS yang dibangun sangat ramah lingkungan terutama untuk menjaga kelestarian dan keasrian desa, karena menggunakan energi alami.

Pihaknya merasa bangga atas keberhasilan tim dalam menyelesaikan pemasangan PLTS ini.

“Ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama yang baik dari seluruh tim. Kami berharap PLTS ini dapat beroperasi dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat di sini,” harap Rizky.

Kedepannya, pihaknya berharap dapat terus mengembangkan proyek-proyek serupa di masa depan, mendukung energi terbarukan, dan membantu masyarakat di berbagai daerah. Hal ini untuk menunjang pelaksanaan SDGs secara lokal.

Selain membangun PLTS, Tim Sobat Bumi Unri akan melaksanakan kegiatan aksi penanaman pohon di Kecamatan XIII Koto Kampar dan melakukan pelatihan untuk mengedukasi para petani dari kelompok Batobo khususnya dan masyarakat kelurahan batu bersurat pada umumnya supaya bisa meningkatkan perekonomian dan menciptakan pertanian yang berkelanjutan.

Masyarakat sebagai penerima manfaat dari  proyek ini, terutama dari kelompok Tani Batobo Kelurahan Batu Bersurat, mereka menyambut baik inovasi ini karena dapat mengatasi masalah irigasi yang selama ini menjadi kendala dalam aktivitas pertanian mereka.

“Dengan adanya PLTS ini, kami tidak perlu lagi khawatir tentang pasokan air untuk lahan pertanian kami. Ini benar-benar membantu dan mengurangi beban kami,” ungkap salah satu anggota kelompok tani.

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Atasi Karhuta, 7 Helikopter Sudah Siaga di Riau

Selasa, 23 Juli 2024 | 22:09:57 WIB